Kamis, 27 Oktober 2011

Obrolan Trivia dengan Slavoj Zizek

Pengalaman Zizek yang paling memalukan adalah berdiri telanjang di depan perempuan sebelum bercinta, yang paling membuatnya galau adalah melihat orang bodoh berbahagia, dan kalau saja dia bisa milih kapan dilahirkan, dia akan memilih lahir pada awal abad 19 agar bisa ikut kuliah Hegel. Oh ya, satu lagi, ada satu rahasia yang Zizek mau katakan pada kita, dia bilang "Komunisme akan Menang!"

Ikuti wawancara celetukan antara Slavoj Zizek dengan Rosanna Greenstreet, yang di terbitkan di The Guardian edisi 9 Agustus, 2008 dengan judul asli "Slavoj Zizek, Short Survey"

Kapan anda merasa paling bahagia?
Beberapa kali kala saya menantikan sebuah kejadian yang menyenangkan atau ketika saya mengenangnya – [namun] tak pernah saat kejadian itu tengah berlangsung.
Apa ketakutan terbesar Anda?
Terbangun sesudah mati—itu sebabnya saya ingin segera dibakar.
Apa ingatan terawal Anda?
Ibu saya telanjang. Menjijikkan.
Siapa tokoh yang masih hidup yang paling Anda kagumi, dan kenapa?
Jean-Bertrand Aristide, Presiden Haiti yang dijatuhkan dua kali. Dia adalah sebuah contoh tentang apa yang bisa dilakukan bagi rakyat, bahkan di tengah situasi yang tertekan.
Apa sifat anda yang paling benci?
Mengacuhkan omongan orang lain.
Apa sifat orang lain yang anda benci?
Kesigapan pretensius mereka untuk menawari saya bantuan ketika saya tak butuh dan tak menginginkannya.
Pengalaman anda yang paling memalukan?
Berdiri telanjang di depan perempuan sebelum bercinta.
Selain rumah, barang termahal apa yang pernah Anda beli?
Edisi baru berbahasa Jerman kumpulan karya-karya Hegel.
Apa harta anda yang paling berharga?
Lihat jawaban saya sebelumnya.
Apa yang membuat Anda tertekan?
Melihat orang bodoh berbahagia.
Apa yang paling tidak Anda sukai dari penampilan Anda?
Bahwa penampilan saya membuat saya tampak sungguh-sungguh seperti saya.
Apa kebiasaan Anda yang paling tidak menarik?
Gerakan tangan yang berlebihan dan menggelikan ketika saya bicara.
Kostum fantasi seperti apa yang akan Anda pilih?
Memakai topeng wajah saya sendiri, sehingga orang akan berpikir bahwa saya bukanlah saya, tetapi orang lain yang berpura-pura menjadi saya.
Kesenangan apa yang membuat Anda merasa paling bersalah?
Menonton film-film konyol yang memalukan seperti The Sound of Music.
Apa Anda punya hutang kepada orang tua Anda?
Tidak ada, saya harap. Tak semenit pun saya habiskan buat menangisi kematian mereka.
Kepada siapa Anda paling ingin bilang maaf, dan kenapa?
Kepada anak-anak saya, karena saya tidak menjadi bapak yang cukup baik.
Seperti apa rasanya cinta?
Seperti sebuah kemalangan besar, sebuah parasit yang mengerikan, sebuah keadaan siaga permanen yang menghancurkan semua kesenangan kecil.
Apa atau siapa cinta sehidup-semati Anda?
Filsafat. Diam-diam saya berpikir bahwa kenyataan itu eksis agar kita bisa berspekulasi tentangnya.
Apa bau favorit Anda?
Alam yang tengah mati, seperti pepohonan busuk.
Apakah Anda pernah bilang ‘Aku mencintaimu’ dan Anda tak sungguh-sungguh dengannya?
Selalu. Ketika saya benar-benar mencintai seseorang, saya hanya bisa menunjukkannya dengan membuat gejala-gejala yang agresif dan berselera buruk.
Adakah orang yang masih hidup yang paling Anda anggap rendah, dan kenapa?
Dokter-dokter yang membantu para penyiksa.
Pekerjaan terburuk apa yang pernah Anda lakukan?
Mengajar. Saya benci mahasiswa, mereka (seperti semua orang) biasanya bodoh dan membosankan.
Apa kekecewaan Anda yang terbesar?
Apa yang disebut Alain Badiou sebagai ‘bencana yang aneh’ abad ke-20: prahara kegagalan komunisme.
Jika Anda bisa menyunting masa lalu Anda, apa yang akan Anda ubah?
Kelahiran saya. Saya sepakat dengan Sopocles: keberuntungan yang terbesar adalah tidak dilahirkan—namun, begitu kelanjutan anekdot ini, sangat sedikit orang yang berhasil.
Jika Anda bisa kembali ke masa lalu, kemana Anda akan pergi?
Ke Jerman pada awal abad ke-19, untuk mengikuti kuliah Hegel.
Bagaimana Anda bersantai?
Mendengarkan Wagner lagi dan lagi.
Seberapa sering Anda berhubungan seks?
Itu tergantung pada maksud seks disini. Jika itu berarti masturbasi rutin dengan pasangan, saya berusaha tidak mendapatkannya sama sekali.
Peristiwa apa yang Anda rasa paling dekat kematian?
Kala saya terkena serangan jantung ringan. Saya mulai membenci tubuh saya: dia menolak mengerjakan tugasnya melayani saya dengan penuh.
Hal apa yang akan meningkatkan kualitas hidup Anda?
Menghindari pikun.
Apa yang Anda anggap sebagai pencapaian terbesar Anda?
Di bab-bab dimana saya menulis apa yang saya pikir merupakan sebuah telaah yang bagus atas Hegel.
Pelajaran terpenting apa yang diajarkan hidup kepada Anda?
Bahwa hidup itu bodoh, hal tak bermakna yang tak bisa mengajarkan apa-apa kepada kita.
Beritahu saya sebuah rahasia.
Komunisme akan menang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar